Si Mungil yang Baru Lahir: Minggu 0-1

Dari bayi baru lahir yang mungil dan berkulit keriput hingga menjadi anak kecil yang bawel dan aktif. Tahun pertama si buah hati adalah perjalanan hidup yang menakjubkan. Tidak akan pernah lagi si kecil melewati perubahan yang begitu cepat dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Ini adalah masa-masa bahagia dan pengalaman baru bagi Anda sekeluarga!

“Masa penantian itu sudah selesai – si buah hati telah hadir. Anda sekarang dapat memulai peran baru yang menakjubkan dan penuh tantangan sebagai orang tua.”

Masa-masa Awal
Saat pertama kali melihat si kecil yang baru lahir pasti merupakan pengalaman yang sangat luar biasa bagi Anda. Mungkin Anda akan merasakan campuran rasa lelah, gembira, dan syok, tapi tak ada respons tertentu yang benar ataupun salah – biarkan saja saat ini mengalir dan sambutlah si buah hati dengan cara yang terasa alami bagi Anda

Seperti Apa Buah Hati Anda
Jangan kaget jika bayi terlihat agak aneh saat lahir, bahkan mungkin jauh dari bayangan Anda. Saat baru lahir, tubuhnya berwarna ungu-kebiruan, tapi tak perlu panik. Setelah menarik nafas pertamanya, warna tubuhnya akan berubah merah muda kemerahan. Tangan dan kakinya mungkin tetap kebiruan untuk sementara karena peredaran darahnya belum sempurna.
Jika Anda melakukan persalinan vaginal, kepala bayi akan terbentuk oleh saluran lahir dan terlihat lonjong, bahkan cenderung tirus. Setelah beberapa hari, kepalanya mulai kembali ke bentuk yang normal dan ia takkan mirip mahluk luar angkasa lagi. Jika kelahirannya dibantu vakum, kulit kepala tempat alat itu dipasang akan bengkak membentuk lingkaran. Jika persalinan dibantu forsep, bagian samping kepala bayi mungkin lebam dan bengkak. Namun, bekas ini akan segera hilang.

JAM-JAM PERTAMA: Bercak dan rambut lembut halus adalah ciri umum bayi yang baru lahir. Wajah dan mata si kecil kemungkinan akan terlihat sedikit bengkak.

Alat kelamin si kecil mungkin akan terlihat bengkak dan bayi perempuan terkadang memiliki bercak vaginal. Baik laki-laki maupun perempuan dapat memiliki buah dada yang bengkak dan bahkan mengeluarkan susu dari puting mereka. Ciri-ciri fisik ini tidak perlu Anda khawatirkan. Ini semua disebabkan oleh hormon Anda yang bersirkulasi di tubuh si bayi dan akan segera menghilang dengan sendirinya. Kulit si kecil mungkin akan dilapisi verniks, suatu lapisan putih berminyak yang melindungi kulitnya saat diselubungi oleh cairan amniotik. Tanpa lapisan tersebut, kulitnya akan bereaksi sama seperti milik Anda jika Anda mandi berendam terlalu lama. Jika bayi Anda terlambat lahir, kulitnya mungkin agak kering karena verniks tersebut telah terserap. Beberapa bayi lahir dengan rambut halus di sekujur tubuh mereka, disebut lanugo, yang akan segera lepas. Semakin dini buah hati Anda lahir, kemungkinan semakin banyak lanugo yang ia miliki. Jika Anda menatap matanya, jangan kaget bila warnanya berbeda dengan warna mata Anda dan keluarga. Kebanyakan bayi ras kulit putih memulai hidup dengan mata biru tua, sementara bayi Asia dan Afro-Karibia umumnya memiliki mata abu-abu tua atau cokelat. Setelah 12 minggu, mata bayi Anda akan berubah warna jika memang akan terjadi suatu perubahan. Namun begitu, kemungkinan Anda akan meilhat warna akhirnya sampai si kecil berusia satu tahun.

Perasaan Anda akan Si Buah Hati
Manusia kecil ini telah menggeliat, menendang, dan bahkan mungkin cegukan di dalam tubuh Anda selama berbulan-bulan. Sudah seharusnya Anda mempuyai bayangan akan karakter si kecil. Tapi bagaimana jika Anda menantikan seorang bayi perempuan dan si buah hati ternyata laki-laki? Atau, si kecil mungkin tidak terlihat seperti apa yang Anda bayangkan? Anda mungkin akan sangat merasa emosional atau bahkan mungkin merasakan hanya sedikit emosi saja. Walau ada orang tua yang jatuh cinta pada buah hati mereka dengan seketika dan mengatakan “mengenali” si buah hati begitu ia lahir, banyak yang memerlukan waktu lebih lama. Ini sangatlah normal – Anda belum pernah bertemu si kecil sebelumnya dan ia mungkin seperti seorang yang asing. Tenang saja dan biarkan semuanya mengalir secara alami. Anda akan menemukan bahwa ikatan batin di antara Anda dan si kecil akan tumbuh secara bertahap.

Ikatan Batin dengan Si Buah Hati
Tak ada batasan waktu tertentu untuk membentuk ikatan kasih tersebut, tapi ada banyak cara mendorong hal ini terjadi. Jika Anda dapat mendekap si kecil ke dada sesudah ia lahir, ini adalah awal yang baik. penelitian menunjukan bahwa disisihkannya waktu tenang untuk sentuhan kulit ke kulit sedini mungkin mendukung berhasilnya upaya menyusui.
Jika Anda baru saja menjalani operasi caesar dan tidak dapat menggendongnya, Anda dapat membelai tangannya dengan lembut, dan memeluknya begitu Anda bisa. Menyusui dapat dilakukan dengan segera sesudah si kecil lahir. Banyak bayi yang begitu awas begitu lahir, karena itu menyusui adalah cara luar biasa membangun ikatan batin dengannya. Namun jangan khawatir jika si kecil terlalu mengantuk atau Anda merasa tidak ingin meyusuinya. Yang paling penting adalah adanya seseorang yang membantu bayi Anda melekat pada puting (latched on) secara benar saat Anda merasa siap. Melakukan perletakan puting dengan benar memakan waktu – jika ini buah hati pertama Anda, menyesui adalah pengalaman belajar bagi Anda berdua.
Lakukan sentuhan kulit ke kulit kapan pun Anda bisa – ini bermanfa’at bagi si kecil, ia akan sangat menikmatinya dan juga membantu Anda merasa dekat dengannya. Pastikan kulitnya tidak basah. Dan ruangannya hangat. Jangan khawatir ia akan kedinginan. Jika si buah hati didekap ke kulit Anda, ia akan mempertahankan suhu badannya dengan baik. Namun begitu, jika khawatir Anda dapat menyelimutkan handuk atau selimut ke sekeliling tubuh Anda berdua.
Sentuhan Sayang: Mendekap si kecil di dalam pelukan – dengan sentuhan kulit ke kulit – dapat membangun ikatan batin dan membantu si kecil yang baru lahir berkembang pesat
Saat kehamilan, si kecil telah terbiasa mendengar suara Anda dan dibuat tenang olehnya, jadi jangan malu-malu untuk berbicara dengannya. Secara alamiah ia akan tertarik dengan wajah Anda sejak lahir.  


Pemeriksaan Kesehatan: Bayi kecil Anda akan melewati pemeriksaan medis lengkap dalam 24 jam pertama. 


Beradaptasi dengan Dunianya: Menagis adalah respons alami bayi Anda terhadap lingkungannya yang baru, tapi Anda akan segera mengenali apa maksud tangisan si kecil.


Buah Hati Anda yang Luar Biasa: Jari-jari yang mungil - Anda tidak akan pernah bosan memandang si kecil.

-Tulisan ini di adaptasi dari Ensiklopedia Perkembangan Bayi, Su Laurent  (Konsultan Dokter Anak) dan Peter Reader (Dokter Umum)- 

^_^ Semoga bermanfa'at, Insya Allah nantikan informasi seputar perkembangan bayi selanjutnya ya ....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saat Ijab Terucap: Arsy-Nya Berguncang

Pesona Alam Papandayan

My Adventure (1): Tentang Alam dan Diri Kita yang Sebenarnya