Sepenggal Pengantar yang Biasa


Ya Allah, bagi-Mu segala puji yang memenuhi langit, bumi, dan apa pun yang Engkau Kehendaki. Teruntuk Bapak, yang telah bersusah payah mengajarkanku al-Qur'an, as-Sunnah, dan cinta ilmu pengetahuan dalam sanubariku. Teruntuk Mamah, yang telah menanamkan nilai-nilai cinta, nilai-nilai kesederhanaan sebagai istri dan ibu, kejujuran, kelembutan, dan ketulusan. Do'a kalian adalah tabunganku. Ridha kalian adalah penolongku. Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat kepada Bapak dan Mamah terbaik sepanjang masa.

Alhamdulillah, tidak terasa sudah empat tahun berada di kota perjuangan ini. Bogor. Perjuangan  menyelesaikan S1 di Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, IPB. Jurusan ini bisa dibilang tidak umum, karena di Indonesia sendiri Family Science baru ada di IPB. Disini kami belajar tentang ilmu keluarga, ilmu anak, dan konsumen baik dari dasar teori sampai materi kuliah yang katanya dewa banget, serta serangkain praktikum-praktikum yang kami tempuh. Umumnya praktikum di kelas seperti memperdalam studi kasus tertentu dan juga turun lapang, disini juga ada beberapa laboratorium seperti Laboratorium Tumbuh Kembang Anak dan Laboratorium Konsumen. Lucunya mahasiswi yang berada dijurusan kami sering dapat julukan “calon istri/ibu-ibu bersertifikat” atau “calon istri/ibu yang baik”. Wah, terus tidak ada mahasiswanya ya? Hehe, tenang, tetep ada kok tapi paling satu angkatan hanya ada beberapa 3-5 orangan dan tetep punya julukan “calon bapak-bapak bersertifikat”. Terkadang suka senyum-senyum sendiri, ada benarnya juga ya, buat jadi istri dan ibu mesti kuliah empat tahun, nempuh SKS, dan ujian UTS UAS. Saya berdo’a semoga ilmu yang diperoleh saat ini dapat bermanfa’at minimal untuk keluarga saya satu saat nanti, harapan terbesar tentunya untuk keluarga-keluarga Indonesia di masa yang akan datang.

Satu saat, Insya Allah saya ingin menuangkan tulisan terkait jurusan ini. Di blog ini juga akan banyak menulis informasi mengenai anak, kesehatan, pendidikan, keluarga, dan informasi lainnya yang dirasa penting untuk saling dibagi. Ada beberapa buku yang bagus untuk dishare misalnya Prophetic Parenting: Cara Nabi Mendidik Anak, Fikih Pendidikan Anak, Ensiklopedia Kehamilan dan Kelahiran, Ensiklopedia Perkembangan Bayi, Ensiklopedi Perkembangan Anak, seputar dunia pengasuhan, dan sebagainya. Jadi mudah-mudahan bisa sama-sama saling belajar dan berbagi ilmu.

Saya dedikasikan tulisan-tulisan khusunya yang memuat tentang informasi  keluarga dan anak buat teman-teman yang saat ini sedang berada di tingkat akhir. Buku-buku, modul kuliah, slide, dan all about yang sudah saya pelajari itung-itung sambil mengingat kembali.

Yuk, mulai belajar menjadi calon orangtua. Misalnya saat ini sambil nyusun skripsi tidak ada salahnya buat baca-baca seputar dunia pengasuhan, metode mendidik anak, menjadi pasangan yang menginspirasi, membina keluarga yang harmonis, dan sebagainya. Wah, bukannya bikin tambah galau ya? bisa ya, bisa tidak, kembali ke niat saja dulu, kan memang masanya saat ini adalah masa  untuk ‘mempersiapkan’. Jadi banyak-banyak bersabar. Ketimbang galau kalau satu saat gak bisa mendidik anak dan membina keluarga kan tambah repot.

Insya Allah, mari mulai menata dan mempersiapkan diri.

Komentar

  1. nice blog... tambahan utuk melengkapi kesiapan diri girls... check this out http://chadventurer.blogspot.com/2012/09/akhlak-seorang-istri.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saat Ijab Terucap: Arsy-Nya Berguncang

Pesona Alam Papandayan

My Adventure (1): Tentang Alam dan Diri Kita yang Sebenarnya